Headlines

Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang apa itu sekolah perhotelan, termasuk juga sejarah dan perkembangannya di Indonesia. Pembaca akan mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai tujuan dan manfaat dari sekolah perhotelan.


Sekolah perhotelan adalah lembaga pendidikan yang khusus menawarkan program pendidikan dalam bidang industri perhotelan. Sekolah ini bertujuan untuk melatih calon tenaga kerja yang siap untuk bekerja di berbagai bidang perhotelan, seperti manajemen hotel, front office, housekeeping, dan lain sebagainya.

Sejarah perkembangan sekolah perhotelan di Indonesia dimulai pada tahun 1970-an, ketika industri pariwisata mulai berkembang pesat. Pada saat itu, kebutuhan akan tenaga kerja yang profesional di bidang perhotelan semakin meningkat. Sebagai hasilnya, beberapa sekolah perhotelan pun didirikan di berbagai kota di Indonesia.

Salah satu sekolah perhotelan terkemuka di Indonesia adalah Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. STP Bandung didirikan pada tahun 1972 dan telah melahirkan banyak lulusan yang sukses di industri perhotelan. Selain STP Bandung, beberapa sekolah perhotelan lain yang juga terkenal di Indonesia antara lain Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua di Bali, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Jakarta, dan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Medan.

Tujuan utama dari sekolah perhotelan adalah untuk menghasilkan tenaga kerja yang profesional dan mampu bersaing di industri perhotelan. Melalui program pendidikan yang komprehensif, para siswa akan belajar tentang manajemen hotel, pelayanan tamu, kebersihan dan sanitasi, serta berbagai keterampilan lain yang diperlukan untuk bekerja di hotel.

Manfaat dari sekolah perhotelan tidak hanya dirasakan oleh para siswa, tetapi juga oleh industri perhotelan secara keseluruhan. Dengan adanya tenaga kerja yang terlatih dan profesional, kualitas pelayanan di hotel-hotel di Indonesia pun akan meningkat. Hal ini akan berdampak positif pada industri pariwisata, yang merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting bagi negara.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sekolah perhotelan memiliki peran yang penting dalam pengembangan industri perhotelan di Indonesia. Melalui program pendidikan yang berkualitas, para siswa dapat menjadi tenaga kerja yang siap untuk berkontribusi dalam industri perhotelan. Sehingga, diharapkan bahwa keberadaan sekolah perhotelan akan terus mendukung pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia.

Referensi:
1. Situmorang, J. (2016). Sejarah Pendidikan Tinggi Pariwisata di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tinggi dan Kepariwisataan, 3(2), 143-156.
2. STP Bandung. (n.d.). Sejarah STP Bandung. Diakses dari